Kucing ( Ilmu Alamiah Dasar dan Matematika )

Kucing adalah terjemahan dari cattus (bahasa Latin). Kucing adalah hewan karnivora dan biasanya menjadi binatang peliharaan. Itu adalah simbol kebebasan di Roma Kuno dan Mesir. Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak disukai manusia. Walaupun kebanyakan orang juga menyukai hewan lain seperti kelinci, anjing, atau burung, kucing tetap menjadi pilihan pertama.

Mengapa Kucing disukai? Tidak terlalu sulit menjawabnya, kucing memiliki fitur yang luar biasa, seperti yang kita ketahui kucing adalah hewan yang lucu, bulunya lembut dan terkadang mengeong meminta belas kasihan. Kucing dapat digambarkan dengan binatang yang penuh kasih sayang. Kucing juga memiliki kemampuan melihat dalam gelap dengan matanya yang tajam.

Saya adalah salah satu penggemar kucing, saya memiliki 7 kucing yang memiliki ras berbeda. Mereka berbeda warna, sifat, bentuk badan dan wajah, bahkan cara mereka menjalankan keseharian berbeda.

Kyeopta, Rex, Alisa, Loki :

IMG_1631

Banjo :

BANJO

BANJO

Kyeopta :

 

Thom :

Banjo dan Kyeopta :

BANJO DAN KYEOPTA

BANJO DAN KYEOPTA

Thom dan Loki, Lisa :

 

Lucu bukan ? Kucing kucing saya tinggal di tempat yang terpisah. Kyeopta, Loki, Lisa, dan Rex lebih suka merebahkan tubuh mereka di atas keset, tidur di sembarang tempat, dapur, dan memburu tikus serta tidak begitu memilih makanan. Sedangkan Banjo, Thom, dan Mican berbeda. Mereka lebih suka tidur di kandang yang nyaman, bergelung, dan memilih milih makanan. Walaupun mereka memiliki perilaku dan kebiasaan yang berbeda, saat saya memanggil mereka akan berlari menghampiri dan mengibas-ngibaskan bulu nya perlahan, tanda ia senang.

Kucing memiliki bermacam-macam karakteristik. Kucing adalah hewan mamalia pemakan daging (karnivora), mereka lebih aktif di malam hari daripada siang hari (tapi bukan nocturnal), karena terkadang siang hari kucing tidur dengan lelap dan malam hari berburu tikus.

Tahukah anda bahwa semua jenis kucing yang ada berasal dari satu nenek moyang?

Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya. Kucing tidur paling lama diantara binatang lainnya, sekitar 16 jam. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya. Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse.

Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya. Kucing bisa berjerawat. Sama dengan frekuensi mesin diesel yang tidak sedang bekerja, kucing bergumam 26 putaran/detik.

Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat. Semua kucing berjalan dengan jinjit. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

Apakah kucing itu mengeong atau mengaum, dia tetap saja turunan dari spesies Felis silvestris , yang dapat dikategorikan sebagai kucing liar Afrika, kucing liar Eropa dan kucing liar Steppe.

Jenis yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3m (10 ft) dan berat badan hingga 300kg (660 lb).

Ada lebih dari 3.000 jenis kucing kampung, tetapi hanya 8% diantaranya yang mempunyai silsilah. Dan tidak seperti kucing biasanya, jenis ini ditemukan diseluruh dunia dengan jenis yang berlimpah. Di Amerika Serikat sendiri, jumlah kucing lebih banyak daripada jumlah anjing, dan masyarakat lebih banyak berbelanja makanan kucing daripada makanan bayi.

Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya. Satu-satunya binatang yang melakukan hal ini adalah jerapah dan onta.

Kebanyakan kucing dapat mencapai umur 11-12 tahun. Kucing yang hidup di dalam rumah (indoor) biasanya berumur lebih panjang dibandingkan dengan kucing yang hidup di luar rumah (outdoor). Kucing indoor dapat mencapai umur 16 tahun, bahkan ada yang mencapai 20 tahun. Rata-rata kucing outdoor berumur 8 tahun.

Setidaknya ada beberapa versi perbandingan umur kucing dengan manusia, yaitu :
a.1 tahun umur kucing = 6 tahun umur manusia. Jadi bila Si manis berumur 7 tahun, ia seumur dengan orang berumur 42 tahun.
b.1 tahun pertama, kucing setara dengan manusia usia 15 tahun. Tahun berikutnya 1 tahun usia kucing setara dengan 4 tahun umur manusia. Jadi kalau si manis berumur 7 tahun, ia setara dengan manusia berumur 15 + (6 x 4)=15 + 24= 39 tahun.
c.Ada juga yang menyatakan 1 tahun pertama, kucing setara dengan manusia usia 20 tahun. Tahun berikutnya 1 tahun usia kucing setara dengan 4 tahun umur manusia. Jadi kalau si manis berumur 7 tahun, ia setara dengan manusia berumur 20 + (6 x 4)=20 + 24= 44 tahun.
Tak peduli berapa pun umur si manis yang penting kita berikan yang terbaik untuk si manis dengan nutrisi yang baik, vaksinasi teratur, perawatan dan kasih sayang terbaik yang kita mampu.

Kucing sangat tidak menyukai jika kita memegang, menginjak atau mengelus ekornya, ia akan sangat marah dan mencakar kita. Kucing juga tidak menyukai air, sangat-sangat tidak suka. Mereka lebih suka berjemur di matahari untuk membersihkan bulu di badan mereka.

KARAKTERISTIK

Satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing dan juga cakaran dari kuku kucing yang sangat perih dan menyakitkan. Pada beberapa kasus, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan. Kucing menyergap dan melumpuhkan mangsa dengan cara yang mirip dengan harimau, menggigit leher mangsa dengan gigi taring yang tajam melukai saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan. Kucing dianggap sebagai “karnivora yang sempurna” dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Karena memiliki kekerabatan yang dekat dengan binatang gurun, ketahanan kucing terhadap panas dan dinginnya iklim daerah subtropis agak terbatas. Kucing tidak tahan terhadap kabut, hujan, dan salju, meskipun ada beberapa jenis seperti Norwegian Forest Cat dan Maine Coon yang mampu bertahan; dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normalnya, yaitu 39C, dalam keadaan basah. Kebanyakan kucing tidak suka berendam dalam air, kecuali jenis Turkish Van.

RAS

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.

Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :

Manx

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.

Maine Coon

Asalnya dari Maine AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.

British Shorthair

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.

Burmese (Burma)

Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.

Chinchilla longhair

Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

CIRI-CIRI KUCING

Suara Kucing

“Miaow” untuk inggris dan perancis
“Meow” untuk kucing di amerika (bahasa inggris dialeg amerika)
“Miau” untuk kucing dalam bahasa jerman
“Nya”  untuk kucing jepang

Kelopak mata kucing.

Ciri kucing yang paling nampak adalah memiliki membran niktitans yang merupakan kelopak mata ketiga dari kucing. Kelopak ini memiliki suatu lapisan tipis yang berguna untuk menutupi mata. Kelopak ini terlihar saat mata kucing terbuka dan kadang-kadang saat kucing gembira ataupun sedang mengantuk. Membran ini baru tertutup sebagian (setengah terlihat setengah tidak) pada saat kucing sakit.

Daun Telinga Kucing

Tidak seperti anjing, ciri ciri khusus kucing adalah memiliki daun telinga yang tegak. Namun ada salah satu jenis kucing yang mengalami mutasi genetika memilki daun telinga yang terlipat. Jenis kucing langka ini sendiri bernama Scottish Fold, Ketika kucing ini marah atau takut dan telinga akan tertekuk ke belakang (Seperti terlipat) sambil mengeluarkan suara meggeram. Bahkan ketika ada sumber suara, daun teling kucing dapat mengarah ke depan dan kesamping.

       Kebiasaan Tidur

Kucing menyimpan energi dari makanan mereka dengan cara tidur. Dibanding dengan binatang lain kucing lebih lama tidur, mereka tidur antara 12-16 jam setiap harinya. Dan ini merupakan salah satu ciri kucing yang membuat kita senang sekaligus sebal.

       Sifat Kucing

Saat anda melihat kucing jalanan yang tidak memiliki majikan. Kebanyakan mereka terlihat bersih bukan? Itu karena kucing termasuk hewan yang suka merawat diri. Cara kucing membersihkan tubuhnya yang paling sering kita lihat adalah dengan menjilati bulu. Air liur kucing (Saliva) adalah alat pembersih yang sangat bagus, walau bisa menjadi alergi untuk manusia. Itulah kenapa ada sekelompok manusia yang tidak tahan berdekatan dengan kucing.

10 Perilaku Kucing yang Jarang di Ketahui

Kucing Jarang Mengeong Ke Kucing Lain

  1. Seekor kucing tidak pernah mengeong pada kucing lain, melainkan mendengkur  atau mendesis. Kucing hanya mengeong pada manusia. Namun itu bukan fakta yang akurat. Kucing dapat dilihat mengeong pada kucing lain juga, tapi jarang.

Merokok Bahaya Untuk Mereka

Asap rokok dapat menyebabkan reaksi alergi pada kucing. Perokok pasif dapat membuat kucing lebih rentan terhadap kanker ganas yaitu lymphona.

Kucing Tidak Selalu Membutuhkan Susu

Intoleran laktosa, mereka tidak dapat mentoleransi gula dalam susu. Meskipun anak-anak kucing dapat mengambil sejumlah kecil susu, kucing dewasa tidak bisa. Dengan demikian asupan susu dapat menyebabkan diare pada mereka dan muntah.

Kucing Lebih Banyak Mencintai

Menurut para ahli, perilaku kucing dapat mengalami kecemasan saat dipisahkan dari orang yang mereka sukai. Itulah alasan kucing menjadi menuntut dan kadang-kadang buang air kecil pada pakaian saking kedekatannya dengan majikan.

Kucing Tidak Sadar Saat Dimarahi

Memarahi kucing Anda adalah usaha sia-sia. Mereka tidak akan mengerti bahwa Anda menegur mereka. Namun mereka sedikit dapat memahaminya.

Kucing Memiliki Lima Jari Kaki Depan dan Empat Jari Kaki Belakang

Seekor kucing biasanya memiliki lima jari di kaki depan dan empat di kaki belakangnya. Tapi kucing polydactyl memiliki enam jari kaki pada kaki depan. Kucing mengajukan kuku mereka membuang lapisan dengan cara menggaruk tapi kucing Polydactyl tidak dapat melakukannya yang membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi kuku.

Kucing Adalah Peminum dan Pemakan Yang Bersih

Contoh : Jika Anda kehilangan peralatan makan dan mangkuk kucing Anda adalah salah satu pilihan Anda dapat makan di mangkuk kucing, Itu bersih. berbeda dengan anjing, lebih baik mencucinya beberapa kali. Menurut sebuah studi, kucing menggunakan ujung lidah untuk menarik air ke atas,lalu menutup rahang sebelum gravitasi menarik cairan kembali jatuh ke bawah.

Kurangnya Taurin Dapat Membutakan Kucing

Taurin adalah asam amino kucing yang dibutuhkan dalam makanan mereka. Anjing dapat memproduksi taurin mereka sendiri tetapi kucing tidak bisa. Defisiensi taurin berkepanjangan dapat menyebabkan kebutaan pada kucing Anda.

 Kucing Dapat Mendengkur

Kucing bisa mendengkur pada frekuensi setara dengan mesin diesel. Ini berarti sekitar 26 mendengkur per detik. Biasanya mendengkur menunjukkan kepuasan mereka, tetapi juga dapat merujuk menjadi kesakitan.

 Kucing Bisa Mati Karena Makan Coklat

Methylxanthines adalah obat yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Hal ini ditemukan dalam coklat. Hal ini juga menyebabkan jantung berpacu cepat dan dengan demikian bisa jadi racun bagi kucing. Jika kucing anda mengkonsumsi cokelat dengan sengaja, segera untuk membawanya ke dokter hewan.

Anatomi Kucing

            Anatomi kerangka kucing, mata kucing, bagian lidah dan tenggorokan, serta organ genital (alat kelamin) kucing jantan.

Salah satu keistimewaan kucing adalah kemampuannya loncat atau jatuh dari tempat tinggi tanpa mengalami cedera (cidera). Hal ini bisa terjadi karena energi kinetik benturan/tumbukan pada saat jatuh diserap oleh sendi-sendi tulang, tendon dan otot-otot yang menyelimuti seluruh kerangka dan tubuh kucing.

Kucing termasuk hewan yang memiliki susunan tulang yang banyak dan kecil-kecil

Keterangan gambar :

KERANGKA TULANG KUCING

KERANGKA TULANG KUCING

1. Leher, terdiri dari 7 buah tulang (vertebrae cervicalis)
2. Bahu, tulang belikat (Scapulla)
3. Tulang punggung, 13 vertebrae thoracalis
4. Tulang punggung, 7 vertebrae lumbalis
5. Tulang punggung, 3 tulang vertebrae sacralis bergabung menjadi satu
6. Tulang panggul (ischium)
7. Tulang paha (femur)
8. Fibula (tulang betis)
9. Tibia (tulang betis)
10. Pergelangan kaki (tarsus)
11. Telapak kaki (meta tarsus)
12. Jari (phalank)
13. Tulang ekor, 18-23 tulang vertebrae coccigea
14. Tempurung lutut (patella)
15. Tulang rusuk
16. Telapak tangan (meta carpus)
17. Cakar
18. Pergelangan tangan (carpus)
19. Ulna (tulang tangan)
20. Radius (tulang tangan)
21. Humerus (tulang siku)
22. Tulang dada (sternum)
23. Rahang bawah (mandibula)
24. Rahang atas (maxilla)
25. Tulang kepala

Anatomi Mata Kucing

Keterangan gambar :

ANATOMI MATA KUCING

ANATOMI MATA KUCING

1. Kelopak mata atas.

2. Membrana nictitan/kelopak mata ketiga : dalam keadaan normal tidak terlihat. Bila terlihat jelas seolah menutupi mata, merupakan salah satu tanda dehidrasi (kucing sedang sakit).

3. Kelopak mata bawah

4. Sclera : bagian bola mata yang berwarna putih

5. Pupil : membesar dan mengecil sesuai banyaknya cahaya, berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke mata, mengecil bila ada cahaya terang dan membesar dalam keadaan kurang cahaya

6. Iris : bagian mata kucing yang mengandung pigmen warna. warna iris terlihat jelas pada saat pupil mengecil

ANATOMI LIDAH DAN TENGGOROKAN KUCING

Seperti halnya lidah manusia, lidah kucing memiliki sensor syaraf rasa. Sensor-sensor ini terdapat pada papillae yang mempunyai berbagai macam bentuk. setiap bentuk pappillae hanya dapat merasakan rasa tertentu.

Jumlah Pappilae lidah kucing jauh lebih sedikit bila dibandingkan lidah manusia.

 

Keterangan gambar :

ANATOMI LIDAH DAN TENGGOROKAN KUCING

ANATOMI LIDAH DAN TENGGOROKAN KUCING

1. Kelenjar Tiroid.

2. Esofagus, saluran makanan yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung.

3. Trachea, saluran udara yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru..

4. Laryng, pintu masuk trachea.

5. Epiglottis, katup yang mengatur jalan masuk udara pernafasan, makanan dan minuman.

6. Tonsil, kelenjar pertahanan yang terdapat di tenggorokan.

7. Pangkal lidah.

8. papillae vallate.

9. papillae filiform.

10. papillae fungiform.

11. papillae foliate.

Anatomi Alat Kelamin Kucing Jantan

Keterangan gambar :

ANATOMI GENITAL KELAMIN KUCING JANTAN

ANATOMI GENITAL KELAMIN KUCING JANTAN

1. Ductus deferens : saluran sperma.

2. Ureter : menghubungkan ginjal dengan kandung kemih/vesica urinaria.

3. Vesica urinaria : kantung kemih/kantung urin.

4. Colon : usus besar.

5. Uretra : saluran pembuangan urin.

6. Tulang kemaluan.

7. Kelenjar prostat.

8. Rektum.

9. Kelenjar bulbo-uretralis.

10. Preputium : kulit pembungkus penis.

11. Penis.

12. Testis : organ penghasil sperma.

Anatomi Kuku Kucing

KUKU KUCING

KUKU KUCING

Kucing mempunyai kuku yang unik. Tidak seperti anjing, kuku kucing dapat ditarik keluar dan ke dalam. Dalam keadaan normal kuku kucing tertarik ke dalam dan tersembunyi. Bila kucing sedang marah atau mencakar, barulah kukunya dikeluarkan.

Manusia yang mempunyai jaringan daging yang berada di bawah kuku. Dalam bahasa Inggris jaringan ini disebut quick. Kucing juga mempunyai jaringan ini, hanya letaknya sedikit berbeda dari manusia. Jaringan ini berwarna merah muda atau pink, berbeda dengan warna kuku yang berwarna putih transparan.

Salah satu proses menjaga kebersihan dan kesehatan kucing adalah kegiatan memotong/menggunting kuku kucing. Pada saat menggunting kuku kucing, letak dan batas jaringan daging ini (quick) perlu diperhatikan agar tidak terpotong. Bila terpotong, akan muncul darah dari jaringan yang terluka dan kucing akan merasa kesakitan.

Jadi yang dipotong adalah ujung kukunya saja, jangan sampai terkena “quick” (bagian yang berwarna pink tersebut).

Gambar di bawah ini menunjukkan anatomi kuku kucing dan batas bagian kuku yang dipotong pada saat melakukan pemotongan kuku.

Tahapan Pertumbuhan/Perkembangan Kucing

Tahapan perkembangan kucing ini disusun oleh American Association of Feline Practitioner (AAFP), sebuah organisasi yang beranggotakan dokter hewan yang spesialisasi pasiennya kucing atau yang sering menerima pasien kucing.

NEONATAL : dari lahir sampai 2 minggu

BAYI KUCING RAS AEGEAN

BAYI KUCING RAS AEGEAN

Kondisi Normal pada tahap ini (dari Lahir – umur 2 minggu) :

  • Hanya mengkonsumsi susu.
  • Interaksi sosial masih sedikit.
  • Distimulasi oleh induk.
  • Mata mulai membuka dan berjalan pada umur sekitar 14 hari.
  • Belum dapat mengontrol dan mempertahankan suhu tubuh.
  • Belum dapat menjilati/menyisir/grooming bulunya sendiri.
  • Yang harus kita lakukan :
  • Menyediakan nutrisi berkualitas baik untuk induk.
  • Anak kucing tidak terlalu banyak dipegang. Bila harus dipegang, lakukan dengan sangat hati-hati.
  • Sediakan lingkungan yang hangat, bersih dan aman
  • Jika induk mati/tidak mau mengurus anaknya, usap bagian anus dengan handuk/halus, basah dan hangat untuk merangsang buang air besar & kecil.

SOSIALISASI AWAL : 3-8 minggu

BAYI KUCING UMUR 5 MINGGU

BAYI KUCING UMUR 5 MINGGU

Kondisi Normal pada umur 3 – 8 minggu :

  • Mulai belajar makan makanan padat (basah), secara bertahap konsumsi susu berkurang.
  • Periode sensitif belajar sosialisasi dan status sosial. Pada tahap ini banyak kemampuan sosialiasi dengan manusia/hewan lain terbentuk.
  • Mulai dapat mengontrol kencing dan buang air besar.
  • Mulai belajar menggunakan kotak pasir/litter box.
  • Mulai tertarik dan bermain dengan benda tertentu.
  • Mulai dapat berlari dan memanjat.
  • Mulai dapat belajar sesuatu yang agak rumit.
  • Mencakar/menggaruk dan berbagai perilaku berburu/predator.
  • Warna Mata berubah.
  • Semua gigi susu telah muncul.
  • Dapat mengontrol dan mempertahankan suhu tubuh.
  • Mulai menjilati/menyisir bulunya sendiri.
  • Yang harus kita lakukan :
  • Menyediakan makanan berkualitas tinggi (khusus kitten) dan air minum segar setiap hari.
  • Banyak dipegang & diajak bermain dengan orang yang berbeda, baik wanita, pria atau anak-anak. Pada saat bermain dengan anak-anak harus diawasi.
  • Perkenalkan dengan kucing lain dengan hati-hati sambil memperhatikan keamanannya berikan hadiah atas perilaku yang baik terhadap manusia atau hewan/kucing lain. Hadiah bisa berupa makanan kecil khusus kucing atau berupa belaian.
  • Sediakan kotak pasir dengan pinggiran yang dangkal agar anak kucing mudah naik.
  • Bersihkan pasir/litter minimal 2 kali sehari. Gunakan pasir/litter tanpa pewangi.
  • Perkaya lingkungan hidup kucing dengan mainan, tempat mencakar/mengasah kuku, tempat untuk bermain & sembunyi.
  • Mulai dibiasakan menyikat/mebersihkan gigi.
  • Periksa telinga, gigi, kuku dan mulai biasakan disisir (mandi/grooming)
  • Dapat dilatih/dibiasakan menggunakan harness/tali agar mudah dituntun/diajak jalan-jalan. Tidak setiap kucing dapat menerima hal ini.
  • Dapat mulai dilatih untuk duduk, datang bila dipanggil, dsb.
  • Idealnya dilakukan pemeriksaan fisik pertama oleh dokter hewan. Pemberian obat cacing dan vaksinasi. Diskusikan program vaksinasi, nutrisi & kesehatan dengan dokter hewan anda.
  • Sebaiknya tidak menggunakan tangan atau kaki bila bermain dengan kucing, oleh karena itu selalu menggunakan mainan kucing untuk bermain. Penggunaan tangan & kaki dapat merangsang kebiasaan buruk pada kucing, seperti mencakar dan menggigit bila disodori tangan/kaki.

SOSIALISASI AKHIR : umur 9-16 minggu

ANAK KUCING UMUR 2 BULAN

ANAK KUCING UMUR 2 BULAN

Kondisi Normal pada umur 9 – 16 minggu :

  • Makan makanan padat.
  • Terus belajar kemampuan sosial.
  • Sosialisasi bermain mencapai puncaknya.
  • Mulai belajar menghasilkan dan menghadapi konflik dengan kucing lain.
  • Pada tahap ini dapat terbentuk status sosial kucing yang berlebihan.
  • Terus menggunakan kotak pasir/litter box.
  • Eksplorasi lingkungan, memanjat lebih agresif.
  • Gigi susu mulai tanggal.
  • Yang harus kita lakukan :
  • Lanjutkan tindakan yang dilakukan pada tahap sebelumnya.
  • Kemungkinan mulai memerlukan kotak pasir yang lebih besar, (idealnya : ukuran panjang kotak pasir minimal, 1,5 kali panjang tubuh kucing)
  • Sediakan tempat untuk memanjat, biasanya sekaligus sebagai tempat untuk mencakar/mengasah/membesihkan kuku.
  • Lanjutkan pelatihan-pelatihan dasar.
  • Bila perlu, untuk mengontrol populasi, diskusikan dengan dokter hewan kemungkinan sterilisasi (spay/neuter : Jantan dikebiri, betina diambil rahimnya dan atau indung telurnya)
  • Pemeriksaan fisik oleh dokter hewan.
  • Ulangi vaksinasi.
  • Anak kucing yang tidak mendapatkan pengalaman sosial yang cukup pada periode sosialisasi awal memerlukan usaha lebih agar dapat mempunyai kemampuan sosial & adaptasi yang baik.

REMAJA/ADOLESCENCE : umur 17 minggu – 1 tahun

KUCING RAS SIBERIAN UMUR 8 BULAN

KUCING RAS SIBERIAN UMUR 8 BULAN

       Kondisi Normal pada umur 17 minggu – 1 tahun :

  • Merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya.
  • Pada tahap ini terjadi kematangan seksual. Organ-organ reproduksi mulai berfungsi dengan aktif.
  • Sosialisasi bermain mulai berkurang.
  • Lebih suka menjadi subordinat kucing lain yang lebih besar, tetapi bisa menantang kucing tersebut untuk mendapatkan status sosial.
  • Dapat terjadi Spraying (kencing sembarangan, terutama sering terjadi pada kucing jantan). Hal ini berhubungan dengan perubahan hormon & status sosial.
  • Bila telah terbiasa berkeliaran di luar rumah, kucing akan berkeliaran lebih lama dan lebih jauh dari sebelumnya.

Yang harus kita lakukan :

  • Mulai transisi perubahan makanan dari makanan khusus kitten ke makanan untuk kucing dewasa (adult). Transisi dapat dilakukan pada umur 6-8 bulan.
  • Teruskan bermain dengan sistem hadiah/penghargaan
  • Hubungi dokter hewan bila ada masalah serius, terjadi spraying (kencing sembarangan) atau perilaku yang tidak seharusnya.

DEWASA/ADULT : umur 1 – 6 tahun

Kucing jenis/ras Mainee Coon umur 5 tahun

Kucing jenis/ras Mainee Coon
umur 5 tahun

Kondisi Normal pada umur 1 – 6 tahun :

  • Kecepatan metabolisme mulai berkurang.
  • Mulai terjadi penambahan berat badan berlebihan/ kegendutan bila makanan & olahraga/ bermain tidak dikontrol.
  • Perkembangan sosial/sifat sempurna pada umr -3 tahun.
  • Sifat sangat dipengaruhi oleh genetik/keturunan dan pengalaman sosial pada tahap sosialisasi awal.
  • Mulai jarang bermain, tapi biasanya masih mau bermain biala ada teman atau mainan.
  • Bau urin/kencing kucing jantan berubah menjadi kuat.

Yang harus kita lakukan :

  • Evaluasi berat badan dan pemberian makanan setiap 3 bulan sekali.
  • Usahakan kucing bermain/olah raga secara rutin.
  • Lanjutkan bermaind engan sistem penghargaan.
  • Evaluasi ukuran litter box.
  • Vaksinasi rutin setiap tahun, sesuai rekomendasi dokter hewan.
  • Perhatikan kondisi gigi. Karang gigi sering terbentuk, terutama bila gigi jarang dibersihkan.

ADULT SENIOR : umur 7 tahun ke atas

  • Kondisi Normal pada umur 7 tahun atau lebih :
  • Penurunan nafsu makan sering terjadi
  • Penurunan aktivitas mengurangi interaksi sosial dengan pemilik atau kucing lain.
  • Yang harus kita lakukan :
  • Awasi nafsu makan dan jumlah air yang diminum. Hubungi dokter hewan bila ada penambahan atau penurunan konsumsi air dalam jumlah besar.
  • Pemeriksaan ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali.

http://wawashahab.blogspot.com/2012/02/ciri-ciri-kucing.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kucing

http://forum.kompas.com/teras/80748-10-perilaku-kucing-yang-jarang-di-ketahui.html

http://kucing.asia/2009/04/10/fakta-tentang-kucing.html

http://www.kucing.biz/_kucing.php?_i=a4-anatomi-kucing

R.RR. ANDINA AJENG RANAPUTRI

17513071

1PA12 – PSIKOLOGI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s